Jumat, 03 April 2015

Bisnis Di Jalan Jakarta

Beberapa Jenis Bisnis di Jalanan Jakarta


Image result for jalanan jakarta

Gubernur Jakarta pernah kesal sama warganya. Kenapa jumlah penduduknya banyak banget. Kemungkinannya dua: penduduknya emang banyak, atau penduduknya doyan bikin anak. Usut demi usut, ternyata penyebabnya gara-gara penduduk luar yang banyak berdatangan buat nyari peruntungan. Atau kasarnya, numpang hidup.

Emang sih, Jakarta itu salah satu kota yang ajaib. Mau ngapain aja bisa dapat duit di sana. Kayak bisnis yang ini nih, meski bisnisnya di jalanan, tapi ini banyak lho di Jakarta:

Pengemis
Pernah baca di beberapa portal berita, kalau katanya penghasilan pengemis di Jakarta itu puluhan juta. Sehari mereka bisa dapat uang satu juta rupiah! SATU JUTA RUPIAH!
         

Bayangin, cuma bermodal obat merah sama mangkok kobokan pecel aja, mereka bisa ngasilin segitu. Tanpa ijazah. Tanpa sekolah. Dan ironisnya, sekarang dijadikan bisnis sama preman-preman.

Polisi Cepek
Kalau dijejerin, mungkin pengemis sama polisi cepek buat masalah pendapatan bisa main balap-balapan. Emang sih, namanya polisi cepek. Tapi kenyataannya, mereka kalau dikasih cepek suka ngomel-ngomel. Minimal gopek.
      Image result for polisi jakarta

Coba hitung kalau satu mobil gopek, dan yang lewat 1000 mobil. Uuuh, mantap!

Tukang Jual Lem Korea
Lagi kejebak lampu merah, lagi bete karena durasinya lama, tiba-tiba ada bapak-bapak tua yang dagang lem Korea. Biasanya warna kotaknya coklat. Trus ada tulisan “Lem Korea”. Pasti pernah ngeliat.


Sebenarnya nggak apa-apa dagang di lampu merah. Tapi kenapa harus lem Korea. Apa korelasi antara orang-yang-lagi-bete-di-lampu-merah dengan lem korea. Kalau dagangnya makanan, jas ujan, sarung tangan, mungkin masuk akal. Emang ada gitu, orang bela-belain kejebak lampu merah cuma buat beli lem…

Tukang Bersihin Kaca
Orang desa tentu seneng ke Jakarta. Ya, karena apa-apa bisa dijadiin duit. Contohnya: jadi tukang bersihin kaca.

Mungkin pernah ngeliat kalau lagi ujan di lampu merah, tiba-tiba ada anak kecil yang nongol sambil bawa busa cuci piring. Mereka pengin nyuci kaca depan mobil kita.

Di Jakarta, kayak gitu masih laku. Masih ada yang kasian, trus ngasih duit. Coba kalau di desa, mau nyuci apa? Nyuci kerbau? Petani ujan-ujan ngebajak trus ada anak kecil yang nawarin, “Pak, tanduk kerbaunya mau saya kinclongin, nggak?” gitu?


Tukang Bukain Jalan
Mirip-mirip sama polisi cepek. Tapi tukang bukain jalan ini lebih laki banget. Jalanan yang udah dikasih tali atau rantai sama polisi, sama mereka dibukain. Trus pengendara-pengendara yang malas buat mutar jalan karena jauh, jadi lewat situ deh.

Ini juga banyak nih di Jakarta.

Joki 3in1
Selain joki kuda dan joki TOEFL, di Jakarta ada juga yang namanya joki 3in1. Mereka biasanya nampang di area sebelum jalanan yang mengharuskan mobil berpenumpang tiga orang. Jadi, untuk menghindari ditilang saat kamu nyetir sendirian di area 3in1, kamu bisa nyewa jasa joki ini buat melengkapi jumlah penumpang menjadi 3 orang. Bebas tilang deh.


Pasti bisnis di atas udah familiar kan guys? Ada yang lain lagi, nggak?

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda